Hasil Pilkada Karawang 2010 atau Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Karawang tahun 2010 yang berlangsung 14 November 2010 kemarin untuk sementara dilihat dari perkembangan hasil perolehan suaranya memunculkan fakta bahwa angka Golput cukup tinggi. Tingginya angka Golput ini menandakan masyarakat Karawang banyak yang sudah sadar politik.

Walaupun banyak yang menganggap golput merupakan sikap apatis tapi banyak warga Karawang yang menolak jika dianggap apatis ketika memilih untuk tidak menggunakan hak pilihnya, mereka beranggapan bahwa Golput adalah sikap politik yang tegas menanggapi situasi politik di Karawang yang dinilai memprihatinkan. Mereka (kaum golput) beranggapan dengan banyaknya Golput ini menjadi sinyal peringatan bagi pemerintah atau calon terpilih nanti bahwa rakyat Karawang sudah sadar politik dan tidak bisa dibodohi oleh heroisme bernama Pemilukada. Setidaknya ini terlihat pada komentar-komentar warga di halaman Facebook Golput Karawang 2010 ->

Khusus untuk angka Golput pada Pilkada (Pemilukada) Karawang 2010 ini, berdasarkan rilis harian Poskota, ini dibuktikan hampir setiap TPS di perkotaan ini, sekitar 25 persen dari hak pilih yang diberikan kartu tanda hak pilih dan undangan untuk mencoblos ternyata tidak datang ke lokasi TPS. Hampir rata – rata antara 150 sampai 250 warga tak mau mencoblos atau golput.

Adapun menurut laporan Koran Sindo, dibeberapa TPS masyarakat yang tidakl menggunakan hak pilihnya ada yang mencapai lebih dari 50 %. Berdasarkan pantauan SINDO di lapangan, di TPS 14 Perumahan Resinda hanya 227 pemilih yang hadir dari total daftar pemilih 598 orang.Di TPS 15, dari total daftar pemilih 569 orang, 223 pemilih tidak hadir. Di TPS 18, dari 316 pemilih yang terdaftar, hanya 139 pemilih yang hadir ke TPS.Sebanyak 325 pemilih datang di TPS 21, padahal total daftar pemilih mencapai 597. Di TPS 06 pun hanya 351 pemilih yang hadir ke TPS dari total pemilih 495 orang. Di TPS 04, total pemilih terdaftar sebanyak 606 orang, tapi hanya 365 orang yang datang.

Jumlah diatas tentu belum termasuk di kecamatan lainnya diluar pusat kota.

Mengeni hasil perolehan suara sementara hasil Pilkada Karawang 2010 ini, pasangan Ade Swara-Celica Nurachdiana bersaing ketat dengan pasangan Sonny Hersona-Dadang S Muchtar, ditempat ketiga pasangan Hj Eli Amalia Priatna-Endang Abdullah  lalu disusul Karda Wiranata-Deden Darmansyah dan pasangan independent Endang Warsa-Agustia Mulyana.

Berdasarkan pengamatan, dari hasil perolehan suara sementara, sangat memungkinkan Pemilukada Karawang 2010 berlangsung 2 putaran.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s