Bagi seluruh kelas 3/XII SMP maupun SMK saat ini mungkin sedang mengalami kekhawatiran yang berat, bagaimana tidak hasil keputusan dari kementrian pendidikan nasional tentang waktu dan standar kelulusan untuk SMK ( yang saya tau karena kebetulan saya seorang guru SMK juga ) sangat teramat susah. Kenapa ? bayangkan dengan standar angka yang tinggi, jika 1 saja nilai ( Matematika, B. Indonesia dan bahasa Inggris ) kurang dari 4.00, ya sudah selamat berdiam diri di rumah selama 1 tahun untuk menunggu ujian tahun depan karena berdasarkan keputusan untuk Ujian Negara tahun diklat 2010 – 2011 TIDAK ADA UJIAN ULANG, JIKA GAGAL MELANJUTKAN TAHUN DEPAN. Selain itu waktu ujian yang teramat sangat dekat akan tambah menambah kesulitan dari siswa angkatan tahun ini, klo di hitung – hitung dari aturanya yaaa untuk siswa SMK se Indonesia tinggal menunggu hari untuk ujikom, setelah itu UAS lalu UN. Selain itu tugas berat juga dipikul oleh para guru kelas 3, kenapa? Dalam RPP setiap mata pelajaran materi bisa di sampaikan dalam waktu 5 bulan pada semester genap, tapi harus di ringkas menjadi 1 bulan saja ( berarti jika 1 minggu 1 pertemuan maka hanya tinggal 4 pertemuan ) gimana gak bingung tuh guru???

Ya itulah yang sudah terjadi dan akan sulit sekali untuk merubahnya, tidak ada kata lain selain mau gak mau ya harus mau.

Makanya dari hasil fakta itu mulai sekarang hamper seluruh sekolah mulai memberlakukan pengayaan kepada siswanya, ada yang berupa privat, kerja kelompok dan lain-lain. Ini tidak salah, mengingat tahun kemaren di Kab. Karawang terdapat 37% siswa SMK tidak lulus putaran pertama. Maka dari itu sekarang ini telah menjadi momok besar bagi seluruh orang tua termasuk guru.

 

Begitupun dengan sekolah tempat saya mengabdikan diri (SMK MITRA KARYA KARAWANG ), Hampir setiap hari kami tambahkan dengan pelajaran tambahan, bahkan hari minggu pun kami gunakan.

Matematika kami isi dengan pengisian soal dengan memberikan rumus jitu, kebetulan guru matematika di tempat saya mengajar sangat jago matematika, Maklum di kita ada dua guru matematika, yang 1 lulusan S1 Unpad dan S2 UI, dan yang satulah S2 Unpad.

Bahasa Indonesia kami sikapi dengan berbagai les privat, guru pilihan sehingga memudahkan siswa dalam memahami materi yang diberikan.

Untuk bahasa Inggris, tidak tanggung tanggung kami berlakukan English day wajib untuk kelas 3, ya biar mereka terbiasa dengan bahasa Inggris!

Eiiitttttt ada satu yang lupa bagi seluruh pendidik, bukan hanya materi yang dibutuhkan, percuma ngapalin sehebat apapun tapi klo ALLAH tidak mengizinkan untuk paham ya gak bakal paha.

Nah inilah yang kadang lupa, pendekatan holystik. Pendekatan kepada tuhan. Karena bagaimanapun hebatnya anda tapi keputusan terakhir tetap berada di tangan ALLAH. Hal ini sangat menjadi perhatian di SMK Mitra karya, di sini mulai dari sekarang telah dimulai dengan aktifitas doa bersama ( dimulai mala mini saat saya menulis artikel 14 Januari 2011 ), kita berdoa bersama untuk memohon izin kepada ALLAH, selai itu karena sekolah ini lahir di Yayasan Yatim Piatu Nurul Aitam ( Yayasan terbaik nasional ) yang diiringi doa anak-anak yatim telah menambah kekhususan setiap siswa yang berdoa. Tangisan, air mata mulai pecah saat Drs. Dian K Mardiana, MM ( kepala sekolah ) yang memimpin doa ini mengajak seluruh siswa untuk beristighfar, membersihkan diri. Riuh tangisan kelas 3 langsung membanjiri aula sekolah, bahkan siswa paling nakal di kami menangis sampai tersendu-sendu. Yaaa. ALLAH………

 

Acara ini akan terus dilaksanakan seminggu sekali setiap malam sabtu, selain itu juga di adakan solat duha bersama, solat tasbih bersama serta  istigosah bersama. Karen akami yakin kita akan mendapatkan pertolongan Allah. Kita akan usahakan secara dunia maupun ukhrowi, kita akan lebih ajak anak-anak kami untuk belajar lebih keras dengan kami damping, namun kita juga akan ajak mereka untuk terus mendekatkan diri kepada yang memberikan kelulusan yang sebenarnya (ALLAH).

Untuk seluruh kelas 3 di seluruh Indonesia, Penulis mengajak mari  kita mulai bekerja keras, belajar keras dan berdoa ikhlas! Banyak beramal minta doa orang tua agar ALLAH memudahkan jalan kta untuk mencapai yang terbaik. Amin ya ALLAH ya robbal alamin…………(dhenboepati)

 

About boepatidh3ngklok

HIDUP

Tinggalkan komentar